Arsitektur
Informasi
1. Pengertian Arsitektur Informasi
·
Sering disebut arsitektur teknologi
informasi, arsitektur system informasi atau infrastruktur teknologi informasi.
·
Suatu pemetaan atau rencana
kebutuhan-kebutuhan informasi di dalam suatu organisasi (turban, McLean,
Wethrbe, 1999).
·
Bentuk khusus yang menggunakan teknologi
informasi dalam organisasi untuk mencapai tujuan-tujuan atau fungsi-fungsi yang
telah dipilih (loudon & loudon, 1998).
·
Desain system computer secara keseluruhan
untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan oeganisasi yang spesifik.
2. Tujuan Arsitektur Informasi
·
Agar bagian teknologi informasi memenuhi
kebutuhan-kebutuhan bisnin strategis organisasi.
·
Sehingga arsitektur informasi memadukan
kebutuhan informasi, komponen system informasi dan teknologi pendukung.
Contoh
Arsitektur Informasi
Arsitektur
Informasi dibedakan menjadi 3 macam
·
Arsitektur Terpusat (centralized)
·
Arsitektur Tersebar (decentralized)
·
Arsitektur Client/Server
3. Arsitektur Terpusat
·
Arsitektur
Terpusat adalah pemprosesan data yang terpusat, semua pemrosesan data dilakukan
oleh komputer yang ditempatkan di dalam suatu lokasi yang ditunjukan untuk
melayani semua pemakai dalam organisasi.
·
Keuntungan
a. Instalasi
lebih aman.
b. Kontrol
aman.
c. Biaya
pemeliharaan murah.
d. Lebih
mudah dalam membuat perencanaan strategis.
e. Lebih
mudah melakukan pelatihan.
f.
Hardware dan software terstandarisasi
sehingga lebih mudah dalam pemeliharaan.
·
Kerugian
a. Jika ada masalah maka semua akan terkena
dampaknya.
b. Sistem
yang dibuat secara global.
c. Proses
mainframe lebih lama.
d. Merubah
subsistem berdampak ke seluruh system.
4. Arsitektur Tersebar
·
Sistem pemprosesan data terdistribusi
dengan komputasi tersebar sebagai system yang terdiri atas sejumlah komputer
yang tersebar pada berbagai lokasi yang dihungkan dengan sarana telekomunikasi
dengan masing-masing computer.
·
Keuntungan
a. Menghemat
biaya.
b. Peningkatab
tanggung jawab pada pengeluaran biaya.
c. Peningkatan
kepuasan pemakai.
d. Kemudahan
pencadangan ketika terjadi musibah.
·
Kerugian
a. Memungkinkan
kekacauan control terhadap system computer.
b. Ketidaksesuaian
dalam menyediakan Hardware dan Software.
c. Kemubadziran
dalam tugas.
d. Standarisasi
tak bisa tercapai.
5. Arsitektur Client/Server
·
Client adalah sembarang system atau proses
yang melakukan suatu permintaan data atau layanan ke server
·
Server adalah system atau proses yang
menyediakan data atau layanan yang di minta oleh client.
·
Keuntungan
a. Jika
sebuah mesin macet, bisnin akan tetap jalan.
b. Sistem
memberikan kekuatan dalam melaksanakan suatu tugas tanpa monopoli sumber-sumber
daya.
c. Menawarkan
keluwesan untuk melakukan pembelian pada hal-hal lain atau untuk meningkatkan
keuntungan.
d. Bebas
memilih Hardware, Software dan layanan dari berbagai vendor.
e. Mudah
untuk memperbaharui system.
f.
Dapat mencampur dan mecocokkan platform computer
yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing departemen dan pemakai.
·
Kerugian
a. Membutuhkan
Hardware yang lebih tinggi dan mahal untuk mesin server.
b. Membutuhkan
administrator yang professional.
c. Kelemahan
jika menggunakan satu server jika data user menjadi tidak ad ajika server mati.
0 komentar
Post a Comment